MAKALAH LITERASI PENDIDIKAN MANFAAT MEDIA SOSIAL DI MASYARAKAT
LITERASI PENDIDIKAN
MAKALAH TENTANG PERAN DIGITAL DI MASYARAKAT
MANFAAT MEDIA SOSIAL (DIGITAL SOCIAL SOLVING)
Daslan Josua valentino Siahaan(1214011)
Marjuniati Putri (1214001)
DAFTAR ISI.............................................................................................................................................1
BAB 1 PENDAHULUAN............................................................................................................................2
A. Latar belakang masalah............................................................................................................................2
B. Perumusan masalah............................................................................................................................2
C. Tujuan penelitian ............................................................................................................................2
D. Manfaat penelitian............................................................................................................................2
BAB 2 PEMBAHASAN............................................................................................................................6
BAB 3 PENUTUP............................................................................................................................9
A. KESMIPULAN............................................................................................................................11
B. SARAN............................................................................................................................12
C. DAFTAR PUSTAKA............................................................................................................................13
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Media sosial saat ini telah menjadi trend dalam
komunikasi pemasaran.
Media
sosial adalah sebuah media online, dengan para
penggunanya bisa
dengan
mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog,
jejaring
sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial, dan wiki
merupakan
bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh
masyarakat
di seluruh dunia. Media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi
berbasis
internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web
2.0,
dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated
content” (Kaplan & Haenlein, 2010). Beberapa contoh media sosial
yang
sedang
berkembang saat ini yaitu Instragam, Twitter, Line, Facebook,
Youtube,
dan lain-lain.
Seseorang
pasti memiliki berbagai motivasi dalam menggunakan
media
sosial. Sekedar untuk berkomunikasi dengan orang lain, untuk mencari
tahu
perkembangan sesuatu, untuk berbagi informasi maupun untuk mengikuti
salah
satu yang menjadi trend saat ini yaitu menggunakan media
sosial
sebagai
bentuk eksistensi diri. Orang-orang yang hanya ingin menggunakan
media
sosial sebagai sarana menjaga silaturahmi biasanya akan memilih media
sosial
yang bersifat private saja seperti Line, Whatsapp, Path,
Telegram,
Blackberry
Messenger atau yang lainnya. Meskipun masuk ke media yang
terbuka
seperti Facebook dan Twitter maka mereka hanya akan menjadi
penonton
dan pembaca yang baik dan melihat perkembangan terbaru yang ada
di
media sosial.
Sedangkan
bagi orang-orang yang ingin diakui eksistensinya oleh
masyarakat
luas melalui media sosial biasanya akan menggunakan media
sosial
yang bersifat terbuka seperti Instagram, Facebook, Line, atau Twitter.
Karena
disinilah tempat kita bisa secara bebas dan terbuka dalam berinteraksi.
Sehingga
banyaknya update status serta posting-an yang kita
miliki adalah
salah
satu bentuk jika kita ingin dikenal secara luas. Kita dikenal sebagai apa
dan
siapa itu kita yang memutuskan, karena apa yang kita posting melalui
media
sosial akan menjadi gambaran diri kita bagaimana kita memposisikan
diri
dimata masyarakat luas.
Perkembangan
penggunaan media sosial di Indonesia sangat berkembang
pesat.
Menururt riset Nielsen menunjukkan tingkat pertumbuhan penggunaan
internet
di Indonesia mencapai 26%. Orang Indonesia menghabiskan waktu
1,5
jam sehari untuk berinternet. Menurut ICT Watch, saat ini pengguna
ponsel
di Indonesia mencapai 180 juta orang dari sekitar 220 juta penduduk
Indonesia.
Pengguna Instagram di Indonesia mencapai 22 juta pengguna aktif
menurut
dari siaran pers yang diterima CNN Indonesia (Lesmana, 2012).
Berdasarkan
data-data tersebut, perusahaan perlu memperhatikan
penggunaan
media sosial sebagai salah satu media promosi yang sangat
penting.
Sebagian besar masyarakat Indonesia telah menjadikan media sosial
sebagai
bagian dari gaya hidup mereka. Kemajuan ilmu pengetahuan dan
teknologi,
khususnya internet telah merubah cara orang dalam berkomunikasi
dari
yang awalnya one to many menjadi many to many. Komunikasi one to
many
menjadi many to many berkembang pada era new media. New media
adalah istilah yang lebih luas dalam studi media yang muncul di bagian
akhir
abad
ke-20 yang mengacu pada permintaan akses ke konten kapan saja dan
dimana
saja pada perangkat digital, serta umpan balik dari pengguna secara
interaktif,
partisipasi secara kreatif dan pembentukan komunitas sekitar
konten
media. Salah satu fenomena new media adalah
tumbuhnya media
sosial
dimana digunakan oleh perusahaan untuk menciptakan electronic
word
of mouth (eWOM). Pada kondisi komersial, WOM melibatkan sikap
konsumen
dalam berbagi brand, opini, atau reaksi tentang bisnis, produk, atau
jasa
orang lain. WOM yang positif merupakan media pemasaran yang
powerful
bagi perusahaan untuk mempengaruhi konsumen. Seiring dengan
perkembangan
teknologi, kini word of mouth berkembang juga di media
sosial
yang disebut electronic word of mouth (eWOM)
(Lesmana, 2012).
eWOM
adalah pernyataan positif atau negatif yang diungkapkan oleh
pelanggan
potensial ataupun yang sudah menggunakan mengenai produk atau
perusahaan
untuk banyak orang dan lembaga melalui Internet (Hennig-thurau
et
al., 2004).
Branding
model dalam lingkungan online branding, secara
langsung
akan
mempengaruhi brand image dan brand
awareness. Dua elemen ini
merupakan
bagian dari brand knowledge yang menjadikan area utama dimana
eWOM
media sosial dapat berpengaruh secara langsung, ditemukan pula
bahwa
brand knowledge juga berpengaruh terhadap brand
relationship
(brand satisfaction, brand trust, dan brand attachment) (Esch et
al., 2006).
B.
Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka beberapa
rumusan
masalah dalam penelitian ini, yaitu:
1.
Apakah brand satisfaction berpengaruh terhadap brand
attachment dalam
media
sosial intagram pada Universitas Muhammadiyah Surakarta?
2.
Apakah brand trust berpengaruh terhadap brand
attachment dalam media
sosial
intagram pada Universitas Muhammadiyah Surakarta?
C.
Tujuan Penelitian
Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah, maka penelitian ini
bertujuan
untuk :
1.
Mengetahui pengaruh brand satisfaction terhadap brand
attachment dalam
media
sosial intagram Universitas Muhammadiyah Surakarta.
2.
Mengetahui pengaruh brand trust terhadap brand
attachment dalam media
sosial
intagram Universitas Muhammadiyah Surakarta.
D.
Manfaat Penelitian
1. Manfaat Teoritis
Hasil
penelitian ini diharapkan dapat menambah dan
mengembangkan
ilmu pengetahuan saat ini maupun dimasa yang akan
datang
khususnya dibidang manajemen pemasaran Universitas
Muhammadiyah
Surakarta.
2.
Manfaat Praktis
Diharapkan
penelitian ini dapat menambah pengetahuan penulis
dalam
praktek bidang manajemen, dapat menambah pengalaman dalam
menganalisis
permasalahan dibidang pemasaran dan memperluas
pengetahuan
mengenai pengaruh media sosial instagram terhadap brand
attachment, serta dapat berguna bagi Universitas Muhammadiyah
Surakarta
dalam penerapan media sosial dalam pembentukan brand
satisfaction, brand trust, dan brand
attachment.
BAB 2 PEMBAHASAN
Blog dan Mikroblog
Bagi Anda yang lebih suka bercerita ataupun sharing informasi, nampaknya jensi blog dan mikroblog adalah solusi untuk menjadi media sosial utama. Sarana media blog memungkinkan setiap pengguna mengekspresikan ide atau kritikan apa saja
Proyek Kolaborasi
Jenis sosial media proyek kolaborasi ini berbentuk sebuah website dengan memberikan keleluasaan kepada penggunanya. Anda dapat mengakses website tersebut dengan melakukan banyak kontribusi seperti menambah, mengubah hingga menghapus isi konten.
Contoh dari proyek kolaborasi ini adalah WordPress, Wikipedia, Medium dan sebagainya. Meskipun bebas melakukan banyak aktivitas di dalamnya, pencipta website tersebut tetap memberikan aturan-aturan yang perlu disepakati.
konten
Pengertian media sosial secara singkat yakni sebagai wadah komunikasi. Salah satu jenis media sosial ini adalah konten. Contohnya seperti TikTok, Instagram, Youtube dan sebagainya. Isi dari media sosial berupa konten-konten menarik. Contoh medianya yakni Facebook, Twitter, blogger, wordpress, dsb.
Social World Virtual
Perangkat VR atau virtual reality digunakan sebagai wadah komunikasi untuk dunia sosial virtual. Pemasangannya diletakkan pada area mata manusia, sehingga akan tampak seperti nyata. Contohnya dari media sosial jenis ini yakni second life.
Game World Virtual
Gaming atau bermain game adalah kegiatan seru untuk melepas penat dan meningkatkan mood. Ternyata, game online termasuk jenis wadah komunikasi sesuai pengertian media sosial seperti penjelasan sebelumnya.
Game virtual dapat mempertemukan para pemain untuk saling berkomunikasi dan berinteraksi di internet. Biasanya setiap pemain berupa gambar avatar khusus. Banyak sekali ragam game online yang bisa Anda gunakan, misalnya saja Mobile Legend, Free Fire, The Simpson, dll.
Situs Jejaring Sosial
Pengertian media sosial yang sifatnya lebih ke personal pengguna adalah situs jejaring sosial. Jenis ini memberikan izin kepada pengguna agar dapat terhubung dengan informasi pribadi yang sudah dibuat. Informasi pribadi ini lebih merujuk pada video, foto, tulisan dan sejenisnya.
Beberapa platform media sosial yang sering digunakan masyarakat adalah Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn hingga TikTok. Sebagai contohnya, instagram menjadi salah satu platform media sosial paling banyak diunduh di seluruh dunia.
Ragam Manfaat Media Sosial
Pengertian media sosial telah kami sebutkan dan jelaskan di atas. Beberapa manfaat yang didapatkan dari penggunaan media sosial adalah:
Informasi aktual
Informasi yang disuguhkan di media sosial berisi berita aktual dan terkini. Konten yang dibagikan setiap pengguna biasanya merupakan aktivitas terbaru. Selain itu, Anda juga bisa mencari berbagai informasi terupdate tentang apa saja sesuai kebutuhan. Media sosial apa yang sering Anda gunakan?
Komunikasi real-time
Media sosial memberikan ruang yang luas untuk Anda berkomunikasi secara real time dengan saudara, teman atau relasi kerja. Beberapa platform media sosial bisa Anda gunakan untuk saling berbagi kabar, informasi atau rapat sekalipun.
Komunikasi real-time berbentuk chatting atau telepon, bahkan juga bisa video. Manfaat inilah yang membuat sebuah jarak bukan menjadi penghalang untuk membangun komunikasi yang baik dengan pihak lain.
Meskipun berbeda wilayah dan tidak memiliki waktu bepergian, pesan Anda akan tetap tersampaikan melalui sosmed.
Peningkatan brand-awareness
Anda merupakan sosok individu yang memiliki brand-awareness sendiri, baik untuk label pribadi maupun bisnis yang sedang dijalankan. Penggunaan media sosial akan memberikan manfaat berupa peningkatan brand-awareness.
Jika Anda adalah pelaku bisnis, maka produk dapat dikenalkan kepada konsumen dengan mudah dan cepat. Selanjutnya, konsumen akan mudah terhubung dengan Anda sebagai pelaku bisnis dan menaruh loyalitasnya pada produk yang dijual.
Peningkatan search engine
Aktif dan rajin berkunjung ke media sosial Anda akan menaikkan trafik juga search engine di internet. Pengunjung akan berdatangan karena kata kunci dari media sosial Anda bisa jadi berada di tempat paling atas atau paling populer. Terlebih lagi jika Anda membuat promosi-promosi menarik.
Isi konten yang diunggah boleh berbagai macam. Misalnya saja, Anda sebagai blogger. Maka, agar pengunjung bisa melihat artikel yang dibuat, Anda harus mengupload tulisan sebanyak mungkin dengan menggunakan keyword tertentu.
Selain itu, bisa juga membahas hal-hal yang saat ini sedang trend di masyarakat.
Relasi luas
Adanya media sosial yang berkembang pesat akan memperluas jaringan komunikasi untuk para penggunanya. Semakin lama, Anda akan mendapatkan relasi baru dan otomatis jaringannya semakin meluas.
Membangun relasi dengan pihak lain akan mendatangkan banyak keuntungan bagi Anda sendiri, baik secara individu maupun untuk dunia bisnis. Jika Anda sedang menjalankan bisnis, cobalah untuk terus mencari relasi terbaik dari berbagai kalangan agar target pasar dapat dituju.
Dampak Media Sosial untuk individu dan media bisnis
Memahami pengertian media sosial memang memberikan banyak kemudahan dan manfaat bagi kehidupan manusia, khususnya memperluas jaringan komunikasi antar individu. Akan tetapi, media sosial pasti memberikan 2 sisi, yakni dampak positif dan negatif. Apa sajakah dampak yang dapat ditimbulkan?
Dampak Positif
Berdasarkan pengertian media sosial yang menjelaskan adanya kemudahan dan kecepatan akses komunikasi, maka dampak positif untuk setiap individu maupun dalam dunia bisnis yang akan diperoleh antara lain:
Individu
Memperluas jaringan pertemanan
Ketika menggunakan sosial media, tentu saja isi konten didalamnya dapat dilihat oleh banyak orang, baik itu teman maupun orang asing di internet. Karena pengertian media sosial sejatinya merupakan ruang maya publik.
Jika konten media sosial Anda bagus dan bermanfaat, akan kemungkinan akan disukai oleh orang lain, sehingga mereka mencoba untuk menjadi teman Anda.
Teman yang sebelumnya tidak kenal sama sekali, justru bisa menjadi teman baru yang asyik untuk diajak ngobrol secara online. Apalagi jika Anda mendapatkan kenalan dengan teman luar daerah atau luar negeri.
Ketika hendak travelling, perjalanan Anda akan terasa lebih mudah.
Meningkatkan energi positif dalam diri
Media sosial memberikan akses kepada setiap penggunanya untuk bebas melakukan kegiatan. Apa saja yang Anda bagikan pastinya merupakan apa yang Anda sukai. Secara tidak langsung, dapat membuat Anda lebih bahagia hingga energi positif pun muncul dan meningkat.
Sehingga pengertian media sosial benar-benar sesuai dengan yang diharapkan dari aplikasi tersebut.
Menambah banyak pengetahuan
Beragam informasi dan pengetahuan di media sosial bisa Anda lihat dengan mudah. Banyak hal yang sebelumnya tidak diketahui, bisa sangat mudah ditemukan hanya dengan ketikan jari-jari mungil Anda.
Pengetahuan yang dibagikan di media sosial ini mulai dari pengetahuan umum hingga petikan kisah kehidupan yang dapat diambil sisi baiknya. Sehingga, semakin banyak pengetahuan yang Anda serap melalui media sosial, maka cara pandang Anda juga semakin luas.
Dunia bisnis
Penjualan produk akan meningkat Apakah Anda sebagai pengguna media sosial aktif? Apakah Anda juga seorang pebisnis? Ya, pada kenyataannya, sekarang ini promosi produk banyak dilakukan di media sosial. Dampak besar dari media sosial akan membawa keuntungan besar bagi sebuah perusahaan.
Produk yang dipasarkan di media sosial dengan tampilan menarik, akan dilirik konsumen dan mendatangkan konsumen baru. Kemudian, secara otomatis penjualan produk meningkat pesat dan profit yang didapatkan juga bertambah besar.
Bisnis Anda juga akan terus berkembang seiring branding produk yang menguat.
Agar bisnis yang dijalankan tetap stabil, Anda perlu memberikan informasi menyeluruh dan detail mengenai produk. Konsumen akan menaruh kepercayaan dan membeli produk jika informasinya jelas dan lengkap.
Hal ini harus dilakukan karena produk tidak dapat dipegang langsung oleh konsumen.
Kredibilitas usaha semakin baik
Bisnis yang sudah dikenal masyarakat apalagi dari sosial media akan mengalami perkembangan yang sangat cepat. Kepercayaan masyarakat terbilang mahal, sehingga jika produk di internet laku keras, maka kredibilitas usaha juga semakin baik.
Perusahaan yang memberikan pelayanan terbaik juga akan mendapatkan tempat di hati konsumennya. Kualitas produk menjadi salah satu perhatian konsumen, sehingga hal tersebut harus benar-benar diperhatikan oleh pelaku bisnis.
Guna memperkuat brand dari produk Anda, disinilah peran media sosial. Buatlah tampilan profil perusahaan yang menarik dan terpercaya. Jadi, sudahkan bisnis Anda memiliki branding baik di pasar konsumen?
Kerjasama bisnis lebih luas
Ketika kredibilitas perusahaan baik dan semakin meningkat, muncul peluang besar untuk melakukan kerjasama dengan pihak lain. Artinya, bisnis dapat dikembangkan dan diperluas jaringannya. Relasi perusahaan juga bertambah, sehingga dapat memperlancar penjualan produk.
Dampak Negatif
Sisi positif akan selalu diimbangi dengan sisi negatif. Perkembangan media sosial yang semakin pesat juga memberikan dampak positif, baik untuk individu maupun para pelaku bisnis.
Individu
Kemampuan interaksi langsung berkurang
Intensitas yang terlalu lama di media sosial sangatlah berdampak buruk bagi setiap individu. Meskipun dapat berinteraksi dengan orang lain, tetapi hal tersebut tidaklah nyata. Sedangkan, setiap orang memerlukan interaksi langsung dengan orang lain.
Interaksi langsung akan membuat hubungan sosial terjalin lebih baik dan individu dapat mengenal dunia dengan segala macam sisi baik dan buruknya secara nyata. Terlebih lagi, penggunaan media sosial harus diawasi dengan ketat terhadap pengguna anak-anak dan remaja.
Gangguan kesehatan
Bermain media sosial secara berlebihan justru akan mengganggu kesehatan Anda. Mengapa bisa demikian? Tubuh manusia itu tidak hanya untuk rebahan saja, tetapi memerlukan gerak yang cukup. Semakin banyak rebahan, fungsi-fungsi tubuh tidak akan bekerja secara optimal.
Selain itu, komentar buruk di media sosial akan mempengaruhi kondisi psikologi seseorang. Tidak heran jika para influencer merasa tertekan oleh tuntutan netizen di media sosial. Menurut pengertian media sosial, interaksi luas dan cepat diperlukan. Namun, harus lebih bijak menggunakannya.
Membuang banyak waktu
Media sosial memang menjadi tempat yang asyik untuk dijelajahi. Kadangkala bermain media sosial dapat melupakan diri dari waktu yang sudah digunakan. Bahkan, sering kali lupa waktu hingga berjam-jam lamanya. Akibatnya, aktifitas yang lain pun tidak terselesaikan dengan baik.
Dunia bisnis
Produk yang diperkenalkan tidak sesuai
Akses mudah adanya media sosial dapat menimbulkan berbagai resiko kejahatan virtual. Tentu saja hal ini akan merugikan banyak pihak. Beberapa hacker akan berusaha meretas dan menyalahgunakan data-data pengguna untuk kepentingan tertentu.
Kebebasan promosi produk di media sosial membuat beberapa orang mulai melakukan penjiplakan produk. Selanjutnya produk akan dipasarkan ke konsumen dengan informasi yang ternyata tidak sesuai dengan kualitas aslinya.
Kondisi inilah yang membuat banyak produk palsu beredar di pasaran. Sebagai pelaku usaha, Anda harus melindungi produk atau merk dagang agar jika ada penyalahgunaan bisa ditindak secara hukum.
Sedangkan bagi Anda yang bertindak sebagai konsumen, lakukan pengecekan dengan teliti sebelum membeli produk/ jasa. Jangan tergiur dengan harga murah saja. Caranya, bandingkan informasi produk, penilaian dari para konsumen hingga bagaimana cara penjual merespon konsumen.
Persaingan bisnis tidak sehat
Media sosial yang semakin beragam berbanding lurus dengan persaingan bisnis yang semakin ketat. Bahkan berpotensi menimbulkan persaingan tidak sehat antar pelaku bisnis. Para pioneer suatu produk akan bersaing sengit dan harus siap dengan para kompetitornya.
Ada kompetitor yang bersaing secara profesional, tetapi ada juga yang bersaing secara tidak sehat. Misalnya saja membuat campaign yang merujuk menjelekkan bisnis lain yang sejenis, sehingga menggiring opini konsumen untuk tidak membelinya lagi.
Ujaran tidak baik dari competitor bisa dikatakan sebagai pembohongan publik. Selain itu, akan lebih parah jika sampai adanya ancaman yang ditujukan kepada pihak lain. Cara mengatasi hal ini bisa dilakukan dengan memperkuat brand agar konsumen tidak mudah percaya dengan kompetitor yang nakal ini.
Penyampaian informasi hoax
Berita hoax yang marak berkembang akhir-akhir ini merupakan salah satu dampak negatif dari pesatnya perkembangan media sosial. Setiap individu bebas menyampaikan pendapat yang kadangkala tidak terkontrol. Selain itu, ada pula informasi yang dibuat-buat hanya untuk membuat kegaduhan.
Jika Anda kurang teliti, ada potensi untuk menyebarkan berita hoax semakin luas. Maka, alangkah lebih bijak setiap individu selalu menyaring setiap informasi yang didapatkan dan tidak diterima secara mentah-mentah. Jika merasa ragu, carilah banyak sumber yang berkaitan dengan informasi tersebut.
Berita hoax yang ditemukan di media sosial dan menjadi sebuah keresahan masyarakat luas dapat dilaporkan ke pihak berwajib. Indonesia sudah memiliki undang-undang yang mengatur jalannya media sosial yakni UU ITE.
BAB 3 PENUTUP
A. KESIMPULAN
Adapun kesimpula yang dapat kita ambil dari pembahasan makalah ini yaitu,betapa pentingnya literasi pendidikan dalam mengatur dan memahami dampak dari manfaat sosial media bagi diri kita sendiri maupun orang lain.
B. SARAN
Kita sebagai pengguna dari media sosial harus bisa berpikir kritis untuk menangani berita hoax, dan harus mencari tahu dari sumber yang akurat. Serta bijak dalam bersosial media karna, memiliki hukumyakni UU ITE.
C. DAFTAR PUSTAKA
https://socialmediamarketer.id/blog/pengertian-media-sosial-jenis-manfaat/
http://eprints.ums.ac.id/52762/3/BAB%20I.pdf
Komentar
Posting Komentar